Ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Jurusan Kesehatan Gigi 2023



08 Oct 2023




Ujian OSCE merupakan program wajib bagi anak didik Diploma III Semester 6 dan Sarjana Terapan Semester 8, sebagai salah satu syarat kelulusan di lingkungan Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. OSCE periode ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2023 dan berlangsung di Gedung G, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. OSCE adalah salah satu bentuk ujian praktik yang dilakukan secara komprehensif dan terukur, untuk menguji seberapa jauh kompetensi mahasiswa dalam melakukan tindakan keperawatan. Ujian OSCE terdiri dari 10 stase, meliputi 8 stase tindakan dan 2 stase istirahat. Mahasiswa yang melaksanakan ujian bertindak sebagai kandidat, sedangkan beberapa dosen bertindak sebagai penguji di setiap ruangan. 

Sebelum kegiatan dimulai, para kandidat dikumpulkan terlebih dahulu untuk mendapatkan briefing terkait mekanisme pelaksanaan ujian OSCE. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan Alat Perlindungan Diri (APD), penggunaan gown dan gloves oleh kandidat. Tahap selanjutnya, kandidat dipersilahkan duduk di depan stase mereka masing-masing sesuai dengan urutan yang didapat. Apabila nama sudah dipanggil, kandidat dipersilahkan membaca soal ujian yang sudah tersedia di depan ruangan kemudian masuk ruangan untuk melaksanakan demonstrasi /tindakan keperawatan sesuai kasus yang diperoleh. Waktu ujian untuk masing-masing stase adalah 10 menit, dengan stase istirahat berada pada stase 5 dan stase 10. Setelah menyelesaikan satu stase, kandidat melanjutkan ke stase berikutnya secara berurutan, hingga pelaksanaan ujian berakhir. 

Diharapkan pelaksanaan kegiatan OSCE ini dapat menjadi tolak ukur pengetahuan teori maupun praktik mahasiswa selama menempuh studi, sehingga kedepannya bisa diterapkan ketika terjun ke dunia kerja.

 

Editor : Ika Fitri Dilianti D.